32 bit vs 64 bit Operating System



32 bit vs 64 bit


Saat ini komputer PC baik laptop maupun desktop yang menggunakan sistem operasi Windows umumnya tersedia dalam dua jenis , menggunakan Windows versi 32-bit atau versi 64-bit. Perbedaannya adalah jumlah isu yang bisa ditangani oleh prosesor PC pada ketika tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar , sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit.


Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani isu dalam arahan binary , dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit , yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Software untuk komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi menyerupai Windows , memiliki keterangan khusus untuk menyesuaikan dengan jenis prosesor , hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. Microsoft memproduksi Windows XP dan Vista edisi 32-bit dan 64-bit dan melaksanakan hal yang sama pada Windows 7.

Ada pula batasan matematis yang signifkan terhadap dua jenis prosesor. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori , dapat bekerja dengan kapasitas memory sampai 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga bisa menangani peran sampai dua kali lebih cepat.

Keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit mulai terlihat terperinci ketika Windows Vista , yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa kegiatan secara bersamaan , bahkan kalau menggunakan memory dengan kapasitas penuh sampai 4GB sekalipun.

Sebelumnya , mustahil setiap satu kegiatan memerlukan lebih dari 2GB memori , namun beberepa video game moderan kini telah melebihi batas tersebut. Alasan inilah yang membuat prosesor 64-bit menjadi sangat pupuler , sehingga jumlah pelanggan yang tertarik untuk membeli sistem operasi 64-bit makin meningkat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus , namun alhasil bisa sangat bervariasi. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menyebabkan sedikit duduk perkara pada driver , yang merupakan episode kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "32 bit vs 64 bit Operating System"

Posting Komentar